Selasa , April 23 2019
Home / Sabung Ayam / Cara Mengobati Paruh Ayam Aduan Yang Rusak
Cara Mengobati Paruh Ayam Aduan Yang Rusak

Cara Mengobati Paruh Ayam Aduan Yang Rusak

Cara Mengobati Paruh Ayam Aduan Yang Rusak

Tentu paruh termasuk bagian tubuh pada ayam yang sangat berpengaruh besar mengalahkan lawannya. Namun jika paruh ayam patah atau terluka, maka dapat dipastikan bahwa ayam aduan sehebat apapun dipastikan akan kalah dalam arena pertandingan. Maka dari itu, para penggemar sabung ayam sendiri harus mengerti cara mengobati paruh ayam aduan karena paruh sangatlah penting untuk ayam aduan.

Sebagai penggemar sabung ayam anda haruslah selalu menjaga kondisi ayam aduan agar ayam tersebut tidak terluka apalagi sampai kehilangan paruh yang sangat penting untuk kemampuan bertarung ayam. Akan tetapi dalam pertandingan sabung ayam kerusakan pada paruh bisa terjadi kapan pun dan di dalam arena pertandingan kerusakan pada paruh ayam sudah menjadi hal yang lumrah, dikarenakan itu banyak penggemar sabung Ayam yang belajar mengenai cara menyembuhkan kerusakan pada paruh ayam tersebut.

Merawat dan menyembuhkan paruh ayam yang terluka harus secara teratur dan harus cepat ditangani karena jika tidak cepat ditangani maka ayam aduan akan merasakan kesakitan yang berkepanjangan dan bahkan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan ke matian pada ayam tersebut.
Berikut Cara Mengobati Paruh Ayam Aduan Yang Mengalami Kerusakan :

Kompres Dengan Air Hangat

Menurut para senior tua penggemar sabung ayam, air hangat sangatlah efektif dalam menurunkan pembengkakan pada bagian tubuh, mengkompres air hangat pada paruh yang rusak juga bisa di lakukan. Kita bisa mengkompres dengan air hangat sesering mungkin karena hal tersebut bisa membantu memperbaiki paruh yang rusak. lakukanlah kompres 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Memberikan Salep Antibiotik

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengusap paruh dengan kain halus yang sudah di celupkan dengan air hangat, kemudian olesi dengan salep anti biktik. Pemberian salep ini berguna agar tidak terjadi infeksi pada paruh yang mengalami kerusakan dan pemberian salep pada paruh ayam aduan yang rusak tidaklah perlu rutin setiap hari dilakukan, pemberian salep antibiotik ini bisa dilakukan dua hari sekali.

Berikan Pakan Yang Berkualitas

Berikan pakan yang berkualitas tinggi, pakan yang memiliki gizi, protein dan natrium serta mineral yang cukup. Pakan dengan gizi dan protein yang tinggi adalah seperti belut mentah dengan darah segarnya atau jangkrik yang masih hidup. Hal tersebut sangatlah berguna untuk membantu pertumbuhan paruh yang rusak.

Direndam Dengan Menggunakan Air Dingin

Mengobati paruh ayam aduan yang rusak juga bisa dengan cara direndam dengan menggunakan air dingin, dimana air dingin sangatlah bagus untuk menyembuhkan paruh yang mengalami kerusakan seperti patah dan lepas. Dengan cara direndam menggunakan air dingin, bisa membuat paruh yang putus akan segera sembuh dan rontok sehingga paruh yang baru akan lebih cepat tumbuh.

Memberikan Tumbukan Cabe Rawit

Cara yang satu ini bisa dibilang adalah cara yang ekstrim akan tetapi para senior sabung ayam sangatlah sering menggunakan cara ini karena dengan memberikan tumbukan cabe rawit pada paruh yang rusak paruh akan lebih cepat tumbuh. Pengolesan tumbukan cabe rawit ini harus dilakukan terus-menerus karena jika tidak dilakukan dengan konsisten maka paruh ayam akan mudah rusak. Selain menggunakan cabe rawit kita juga bisa sekaligus menggunakan bawang putih dan beserta kencur juga untuk membantu memperkuat paruh ayam aduan.

About Lusiana Liu

Saya adalah seorang penulis artikel yang sangat menggemari permainan taruhan.

Check Also

Cara Memilih Lawan Ayam Dengan Memprediksi Kekuatan Lawan

Cara Memilih Lawan Ayam Dengan Memprediksi Kekuatan Lawan

Cara Memilih Lawan Ayam Dengan Memprediksi Kekuatan Lawan Merawat ayam aduan sebaik mungkin tentu dengan …